Home » » Profil Sanggar Jangka Langit

Profil Sanggar Jangka Langit

Written By jangka langit on Rabu, 30 Oktober 2013 | 02.21

SANGGAR JANGKA LANGIT

JANGKALANGIT.COM dikelola oleh Sanggar Jangka Langit. Lembaga swadaya masyarakat (LSM) nirlaba (nonprofit) ini didirikan sebagai kelompok belajar Jangka Langit Study Club (JLC) oleh Martin Moentadhim S.M. pada tahun 1969 di Cepu, Jawa Tengah, dengan motto Knowledge is Power.

Setelah pendirinya bekerja sebagai wartawan di Jakarta pada tahun 1981, JLC dikelola dari Bekasi, Jawa Barat, masih sebagai kelompok belajar sepanjang hayat (longlife education), dengan anggota yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, termasuk di Bandung, Denpasar, dan Gorontalo.

Pada tahun 1987, dengan berganti nama menjadi Sanggar Jangka Langit (SJL), pengelolaan sehari-hari SJL diserahkan kepada Indah Mardiyani A.R. Soenoko, yang pernah belajar di Bengkel Muda Surabaya (BMS), dan kemudian Elies Soenokoputri agar SJL dapat mengkhususkan diri pada pembinaan dan pengembangan bakat seni lukis, terutama pada anak dan remaja usia tiga hingga 17 tahun.

Dalam perjalanannya, terutama sebagai bukti tanggung jawab sosial berada di tengah masyarakat, Sanggar Jangka Langit juga ikut membina anak yang memiliki keterbatasan mental (mentally retarded) seperti penderita autisme, agar tidak hanya terbina daya cipta atau kreativitasnya, melainkan juga tumbuh rasa percaya dirinya. Beberapa di antara mereka pernah berhasil menjuarai lomba lukis, dengan demikian orang tua mereka menjadi lebih bangga dan lebih yakin akan masa depan anak mereka.

Siswa binaan Sanggar Jangka Langit kini mencapai lebih dari 500 orang, tidak hanya berdomisili di wilayah Bekasi, tetapi juga di Jakarta, Bogor, bahkan Karawang. SJL juga ikut membina murid di sejumlah TK, SD, dan SLB yang bekerja sama dengan SJL dalam hal pengembangan bakat seni lukis.

Sebagian cukup besar anak binaan Sanggar Jangka Langit telah menunjukkan prestasi yang membanggakan, mulai dari tingkat nasional sampai tingkat dunia, seperti mendapatkan gold, silver, danbronze medal dalam International Children Art Festival pada tahun 1998,1999, dan 2000.

Beberapa tahun terakhir ini, Sanggar Jangka Langit telah mengadakan berbagai event lomba, di antaranya:
* pada tanggal 6 Juli 1999, Lomba Lukis dan Mewarnai untuk anak TK-SLTP, yang bertempat di Toko Gunung Agung, Bekasi, yang mendapatkan dukungan dari:
1. Lions Club sebagai sponsor utama,
2. PT Sinar Sosro,
3. PT AIMI (Indomilk),
4. PT Mony Saga Prima,
5. Radio Gaya FM,
6. Toko Gunung Agung,
7. Bank Bukopin,
8. Sophie Martin, dan
9. Penerbit Antara Pustaka Utama (APU),

* pada tanggal 29 Agustus 1999, Lomba Lukis dan Busana untuk anak TK-SLTP, dalam rangka peringatan HUT RI, bertempat di Toko Gunung Agung, Kwitang, Jakarta Pusat, yang didukung oleh:
1. Ully Sigar Rusady,
2. PT Sinar Sosro,
3. PT AIMI (Indomilk),
4. PT Mony Saga Prima, dan
5. Toko Gunung Agung,

* pada tanggal 6 Mei 2001, Lomba Lukis dan Mewarnai untuk anak TK-SD, bertempat di Silang Monas, Jakarta Pusat, didukung oleh:
1. PT Mony Saga Prima,
2. PT Indomobil,
3. Majalah Sehat,
4. Yayasan De Mono,
5. Creative Design,
6. PT Segoro Fajar Satryo, serta
7. Kantor Pelayanan Bea dan Cukai Halim Perdanakusumah,

* pada tanggal 7 Mei 2001, Lomba Lukis dan Mewarnai untuk anak TK-SD, bertempat di Toko Gunung Agung, Bekasi, didukung oleh:
1. Toko Gunung Agung,
2. PT Sinar Sosro,
3. PT Mony Saga Prima,
4. Game Center EMI,
5. Restoran A&W,
6. Majalah Sehat,
7. Creative Design,
8. PT Segoro Fajar Satryo, serta
9. Kantor Pelayanan Bea dan Cukai Halim Perdanakusumah,

* pada tanggal 15 Oktober 2001, Lomba Lukis dan Mewarnai untuk anak TK-SD, serta Pameran Lukisan, bertempat di Gedung Pertemuan Wisma Seroja, Bekasi, didukung oleh:
1. Radio Swara Nenggala,
2. PT Nippon Indosari Corp. (Sari Roti),
3. PT Mony Saga Prima,
4. Elex Media Komputindo, dan
5. Medifarma,

* pada tanggal 12 Mei 2002, Lomba Lukis dan Mewarnai untuk anak TK-SD, serta Pameran Lukisan, bertempat di Plaza Hero Bekasi, didukung oleh:
1. RAPI Lokal 1 Wilayah 11 Bekasi,
2. Hero Supermarket,
3. PT Pharos (Igastrum Plus),
4. PT Nestle Indonesia,
5. PT AIMI (Indomilk),
6. PT Indofood Sukser Makmur,
7. MacDonald, dan
8. Yayasan Pendidikan GPL.

* pada tanggal 30 Juni 2002, Lomba Lukis dan Mewarnai untuk anak TK-SD, bertempat di Arena Payung Museum Purna Bhakti Pertiwi, TMII, didukung oleh:
1. Museum Purna Bhakti Pertiwi,
2. PT Abbot Indonesia (Pediasure),
3. PT Indofood Sukser Makmur. dan
4. PT Pharos (Igastrum Plus).

* pada tanggal 12 Oktober 2003, Lomba Lukis dan Mewarnai untuk anak TK-SD, bertempat di Ramayana Plaza Jl. A Yani, Bekasi, didukung oleh:
1. Ramayana Department Store,
2. PT Indofood Sukses Makmur,
3. Toko Prapatan,
4. Studio GNG,
5. Studio Lima,
6. PT Nippon Indosari Corp. (Sari Roti),
7. PT Niramas Utama (Inaco),

* pada tanggal 17 April 2005, Lomba Lukis dan Mewarnai untuk anak TK-SD, bertempat di Hero Supermarket Jl K.H. Noer Ali, Bekasi, didukung oleh:
1. Hero Supermarket,
2. PT Abbot Indonesia (Gain Plus),
3. Toko Prapatan,
4. PT Arnott’s Indonesia
5. PT Ultra Prima Abadi,
6. PT Nirmala Lestari,
7. Yoko Bento, dan
8. MacDonald.

* pada tanggal 7 Mei 2006, Lomba Lukis dan Mewarnai untuk anak TK-SD, serta Pameran Lukisan, bertempat di Plaza Hero Bekasi, didukung oleh:
1. Hero Supermarket,
2. Toko Prapatan,
3. PT Nippon Indosari Corp. (Sari Roti),
4. PT Mony Saga Prima,
5. City Club,
6. Sanggar Saraswati, Bogor,
7. PT Harpers (Sugus), dan
8. Yoko Bento.

Sebagai lembaga pembinaan daya cipta anak yang tumbuh di tengah kehidupan masyarakat, Sanggar Jangka Langit sudah merupakan bagian dari masyarakat itu sendiri. Melalui berbagai event yang diadakan, Sanggar Jangka Langit selalu berusaha mewujudkan kepedulian sosial, dengan menyisihkan sedikit pendapatan dari event itu untuk disumbangkan kepada masyarakat yang kurang mampu dan anak jalanan.

Berangkat dari keprihatinan terhadap kenakalan remaja serta banyaknya anak yang putus sekolah dan terpaksa bekerja di jalanan, Sanggar Jangka Langit juga senantiasa berusaha ikut membina dan menyalurkan bakat anak agar tidak terjerumus ke jalan yang kurang baik.

Setelah pendirinya diberhentikan dari bidang kewartawanan pada tanggal 16 Januari 1999 dan diserahi tugas merintis Penerbit Antara Pustaka Utama (APU), Sanggar Jangka Langit berusaha menerbitkan buku sendiri dengan panji JLC Prod. Inc.

Langkah ini diawali dengan penerbitan buku Kebatinan Islam: Pengantar Menuju Pemahaman Mistik Islam karya Dr.(H.C.) Hasjim Darif Mirajim pada bulan Desember 2000 dan Enam Langkah Menggambar Mudah: (1) Dengan Pertolongan Abjad A-M, (2) Dengan Pertolongan Abjad N-Z, dan (3) Bermain Angka karya Indah A.R. Martin. Ketiga jilid buku yang akan dilengkapi dengan jilid berikutnya ini merupakan buku panduan cara menggambar yang gampang melalui berbagai langkah yang mudah diikuti oleh anak.

Demikian sekilas profil Sanggar Jangka Langit yang berusaha senantiasa memegang teguh misi pembinaan dan pengembangan sesuai dengan motto Knowledge is Power, bahwa pengetahuan itu kekuatan sejati, karena hanya lewat penguasaan pengetahuanlah kita semua dapat maju, dan masa yang paling baik untuk memperoleh pengetahuan ialah masa kanak-kanak. (*)
Share this article :

Poskan Komentar

Translate

Selamat Datang di Sanggar Jangka Langit

JANGKA LANGIT

Pengikut

Popular post

 
Support : Creating Website | Jangka-Langit | Martin
Copyright © 2013. JANGKA LANGIT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jangka-Langit
Proudly powered by Jangka-Langit